Get Certified as Microsoft Certified Application Specialist (MCAS) for Microsoft Office 2007-Now Become MOS (Microsoft Office Specialist)

Monday, April 26, 2010 - 1164 views

Sertifikasi MCAS (saat ini telah diubah menjadi MOS-Microsoft Office Specialist) ditujukan khusus untuk produk Microsoft Office 2007 dan Windows Vista for Business Worker yang terdiri dari 6 materi ujian yang berbeda, yaitu :

 

  • Using Microsoft Office Word 2007
  • Using Microsoft Office Excel 2007
  • Using Microsoft Office PowerPoint 2007
  • Using Microsoft Office Outlook 2007
  • Using Microsoft Office Access 2007
  • Windows Vista for the Business Worker

Untuk mendapatkan sertifikasi MCAS anda cukup mengambil salah satu materi ujian diatas yang sesuai dengan skill dan minat yang dimiliki. Ujian sertifikasi MCAS ini agak berbeda dengan sertifikasi Microsoft lainnya seperti MCTS, MCPD atau MCITP dimana untuk ujiannya harus di training center yang bekerja sama dengan Testing Center seperti Prometric atau VUE. Sedangkan untuk MCAS ini anda harus mencari training center yang bekerjasama dengan Testing Center Certiport (http://www.certiport.com).

Tipe ujian untuk MCAS berbeda dengan tipe ujian sertifikasi Microsoft lain yang telah saya sebutkan diatas. Tipe ujian untuk MCTS, MCPD, dan yang lainnya yang sejenis memiliki tipe soal berupa teori-teori dimana jawabannya dapat berupa single choice atau multiple choice. Sedangkan untuk MCAS anda akan disuguhkan dengan soal-soal non teori, yaitu simulasi dengan enviroment sesuai dengan materi ujian yang diambil. Misalnya jika kita mengambil materi ujian MCAS untuk Microsoft Access 2007 maka kita diberikan enviroment berupa Access 2007 itu sendiri seperti layaknya kita bekerja dengan Access di komputer sendiri. Sehingga anda langsung praktek di environment tersebut.

Dalam menjawab soal-soal MCAS ini anda harus lebih berhati-hati dengan membaca pertanyaan-pertanyannya. Jangan sampai melakukan sesuatu yang tidak diperintahkan di pertanyaan. Misalnya apabila soal menyuruh anda untuk Save dan Close table maka anda harus melakukannya, begitu juga sebaliknya apabila di soal tidak menyuruh anda untuk Save dan Close maka jangan lakukan hal tersebut. Hal tersebut akan mengurangi nilai ujian. Dibutuhkan juga kecepatan dan keakuratan dalam menjawab soal-soal.

Jumlah soal dan waktu lamanya ujian akan berbeda-beda untuk setiap orang, karena hal tersebut akan di random. Sebagai gambaran pada saat ujian bisa saja anda mendapatkan soal praktek simulasi 22 soal untuk 50 menit atau 20 soal untuk 60 menit, semuanya akan di random.

Informasi lebih lanjut tentang MCAS dapat dilihat di link berikut ini : http://www.certiport.com/Portal/desktopdefault.aspx?page=common/pagelibrary/mbc_mcas.html . Di web site tersebut dapat dilihat mengenai Exam Objectives (topik-topik soal yang diujikan).

MCAS ini menggantikan sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS). MOS ini ditujukan untuk produk Microsoft Office 2000, Office XP dan Office 2003. Info detail mengenai MOS dapat dilihat di link berikut ini : http://www.certiport.com/Portal/desktopdefault.aspx?tabid=228&roleid=102 

Selain itu terdapat juga sertifikasi Microsoft Office 2007 Master. Sertifikasi ini tidak membutuhkan ujian khusus tersendiri. Gelar ini akan didapatkan secara otomatis apabila anda lulus ujian MCAS untuk keempat materi ujian (Word 2007, Excel 2007, Power Point 2007, Outlook 2007). Info detail mengenai sertifikasi ini dapat dilihat di link berikut ini : http://www.certiport.com/Portal/desktopdefault.aspx?page=common/pagelibrary/mbc_mcas_master.html 

Mengenai biaya ujian sertifikasi yaitu 50$ untuk setiap satu materi ujian. Biaya tersebut biasanya akan berbeda di setiap training center yang bekerja sama dengan Certiport dan berkisar antara Rp.550 ribu – Rp.600 ribu.

Ada beberapa cara agar anda berhasil mendapatkan sertifikasi ini yaitu anda dapat belajar sendiri secara otodidak atau mengikuti training khusus untuk track MCAS di training center, dan tentunya dengan banyak berlatih.

Distinguish yourself to the others!

MCAS now Become MOS :