New Training Module Developing Windows Mobile Database Application Using .NET Compact Framework 3.5

Monday, May 31, 2010 - 858 views

Kebutuhan aplikasi bisnis yang berbasiskan mobile device semakin berkembang. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya kebutuhan untuk mendapatkan data dimanapun dan kapanpun kita berada. Kemampuan mobile device yang sudah ada sekarang semakin meningkat dalam hal memproses data dalam jumlah yang besar dan kecepatan prosesing yang semakin meningkat pula. Perkembangan tersebut memberikan alternatif kemungkinan lain untuk ekstensi aplikasi tradisional yang berbasiskan server ke model aplikasi yang berbasiskan mobile.

Semenjak pertama kali .NET platform diluncurkan pada tahun 2002 Microsoft sudah menyediakan mobile application framework untuk membuat aplikasi berbasiskan Windows Mobile device seperti Smartphone dan Windows Mobile. Versi terbaru dari .NET Compact Framework yang merupakan mobile application framework yaitu versi 3.5. Dengan versi tersebut target device yang dapat dibangun semakin beragam sampai dengan pengembangan aplikasi berbasiskan Windows Mobile 6.5 atau yang dikenal sekarang dengan Windows Phone.

Oleh karena itu Native Enterprise sebagai lembaga institusi training yang selalu terdepan dalam memenuhi kebutuhan pasar industri dan mengimplementasikan perkembangan teknologi terbaru membuat modul training yang berbasiskan .NET Compact Framework 3.5 untuk membangun aplikasi diatas Windows Mobile Device. Modul training tersebut di fokuskan pada pengembangan aplikasi yang berbasiskan database, sehingga diharapkan peserta dapat langsung membuat aplikasi real database di atas Windows Mobile Device.

Pada modul training ini peserta akan mempelajari teknik-teknik dalam pengembangan aplikasi database yang berbasiskan Windows Mobile atau Windows Phone (Windows Mobile 6.5). Database yang akan digunakan sebagai media penyimpanan di mobile device tersebut yaitu SQL Server CE 3.5 dan Oracle Lite 10g. Selain itu topik lainnya yang dibahas pada modul training ini yaitu bagaimana caranya mengintegrasikan services dengan SMS, Windows Mobile Contacts, dan Windows Mobile Tasks. Sinkronisasi data merupakan fitur yang sangat penting sehingga pembahasan juga meliputi sinkronisasi data dengan menggunakan SQL Remote Data Access, WCF Services, Oracle Mobile Server, dan lain-lain. Bahasa yang dapat digunakan pada modul training ini yaitu Visual C# 2008 atau Visual Basic 2008.

Silabus detail dapat dilihat pada link berikut ini :

Developing Windows Mobile Database Application Using .NET Compact Framework 3.5